Thursday, May 14, 2009

9 Langkah Sederhana untuk Scrapbooking Pemula

Ada 9 (Sembilan) langkah sederhana untuk pemula scrapbooking,namun bagi yang baru mau belajarpun tidak ada salahnya untuk mengetahuinya. Langkahnya adalah :

1) Pilih satu set foto untuk untuk memulainya. Untuk mulai, pilih foto -foto berdasarkan tema atau peristiwa.Langkah ini akan lebih mudah dan sederhana dikerjakan daripada kita mengurutkan silsilah keluarga kita ,bukan?

2) Tentukan di pusat foto. Fokuskan pada foto yang akan menjadi tema Anda .

3) Rencanakan tata letak foto-foto tersebut, Dimana tempat foto Anda? Di mana untuk menulis? Dimana untuk menambahkan sedikit keterangan? Adakah tata letak yang tidak tertentu. Jika ada,jangan ragu untuk mengubahnya sehingga anda anggap sesuai. Yang jelas Anda bebas menentukan tata letaknya,anda adalah designer.

4) Pilih kertas 2 atau 3 warna yang bebas asam. Pilih kertas berwarna yang sesuai untuk melengkapi foto Anda. Terlalu banyak warna akan memperkecil peranan foto. Warna ini tujuannya untuk meningkatkan perhatian foto tersebut, jadi jangan sampai menggangu.

5) Cropping foto Anda jika diperlukan. Walaupun tidak selalu diperlukan,tapi hal ini merupakan ide yang bagus,sehingga ada space untuk memberikan kata-kata indah atau memorable.

6) Match-kan kan foto Anda. Foto akan nampak menonjol jika terlihat match. Beberapa scrapbooker berpengalaman menyarankan warna netral seperti hitam, putih, agar ada keserasian pattern foto. Intinya bikin foto Anda terlihat match dengan latar belakang yang and pilih.

7) Tulis sesuatu. Rangkaiakan kata-kata yang membawa arti pada halaman Anda. Tulislah kata-kata yang akan membawa emosi atau memberikan pesan dari foto tersebut dan biarkan cerita berkembang. Kata-kata yang kuat akan menambahkan sentuhan pribadi ke lembar scrapbook Anda.

8) Tambahkan sedikit beberapa hiasan. Seperti karet penghapus, kertas punches, stiker atau embellishments untuk dapat menambah keindahan , sebisa mungkin hal ini dilakukan dari awal. Tetapi jangan terlalu banyak. Kesederhanaan memiliki keindahan.

9) Letakkan kesemuanya di halaman yang telah Anda sediakan . Amati baik-baik,cermati. Jika ada hal-hal yang tidak sesuai hapus atau potong.Jika kurang hiasan atau kata-kata tambahkan.Ok, dengan begitu selesai sudah scrapbooking yang telah Anda buat.

Itulah 9 langkah sederhana bagi scrapbooking pemula.

Selamat berscrapbooking ria.

7 comments:

jengsri8030@yahoo.com said...

Lah ini yang gue carik....top dah.

Bhornyta said...

Tutorialnya bagus,jelas dan enak dibaca tapi ada yang broken link tuh mas.>>>"Langkah sederhana untuk pemula scrapbooking"<<<.

Nana Sunjana said...

Scrapbooking.....? itu apa sih sebenarnya?
Bingung gw!

Jack-Kolaka said...

Bukannya belain penulisnya ya Nona/ny.Bhornytha, gak ada tuh yang broken link.

Mega-Nia said...

Apakah kertasnya sudah ada di Indonesia, Bang Bana?

dewy said...

sangat membantu.. tapi saya kebingungan untuk menjilid scrapbook.Ada saran?

Sarwendah said...

waaah menarik sekali artikelnya.. Kunjungi juga www.greenmommyshop.com untuk mencarai kosmetik organik yang trusted..

Post a Comment

Anda tertarik dengan Postingan di atas? Masukkan ke blog Anda dengan menuliskan Author aslinya.

Silahkan berkomentar tapi jangan SPAM ya. NO SPAM.

Template by : Kiswanto template-kis.blogspot.com