Sunday, April 19, 2009

Digital Scrapbooking

Digital Scrapbooking merupakan kerajinan tangan yang populer dan sangat terkenal dikalangan generasi muda di seluruh dunia saat ini. Keinginan untuk mengabadikan kenangan masa lalu yang tak terlupakan membuat banyak orang untuk mencoba menggali file-file lama dengan cara mengumpulkan kembali momen-momen masa lalu, seperti mengumpulkan gambar atau foto-foto special atau souvenir-souvenir kecil yang dibawa pada saat itu dari suatu tempat wisata atau daerah tertentu, kemudian mengatur mereka atau memisahkan mereka sesuai urutan kejadian waktu itu dengan cara yang kreatif.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa scrapbookers yang memilih cara tradisional yaitu untuk mengumpulkan kenangan masa lalu dengan menggunakan kertas, gunting dan lem.,beralih ke dunia hi-tech dengan membuat scrapbooks digital.

Popularitas scrapbooking digital terus meningkat. Beberapa scrapbookers telah memperkenalkan karya mereka dengan menggunakan komputer, kemudian mencetak hasil scrapbooking tersebut untuk ditampilkan. Alasan mereka gengan menggunakan computer adalah bisa menghemat banyak waktu dan bahan yang digunakan, selain banyak fasilitas yang menarik, yang tidak bisa dibuat dengan cara tradisionil.

Banyak scrapbookers digital adalah fotografer yang menggunakan kamera digital dan memiliki foto-foto yang disimpan dalam komputer mereka. Sangat disayangkan jika keindahan foto-foto tersebut sia-sia, dengan mengunakan fasilitas yang disediakan oleh software scrapbook, foto kenangan tersebut akan lebih menarik untuk ditampilkan. Hal ini juga bisa dikerjakan bersama-sama. Karena dengan mengerjakan secara group akan tumbuh ide-ide yang tidak dipikirkan sebelumnya.

Digital scrapbooking cukup sederhana. Ada beberapa hal yang diperlukan untuk membuat scrapbooks digital. Pertama, anda memerlukan komputer dengan fasilitas grafis yang layak. Selanjutnya, anda perlu software digital imaging seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak, Adobe Photoshop itu tidak hanya dirancang untuk mengedit gambar, tetapi juga untuk membuat layout seperti scrapbooks. Tentunya, anda perlu foto. Bagi pemula,Scrapbooker pemula, yang diperlukan adalah template yang sudah disediakan oleh perangkat lunak tersebut, sehingga memudahkan untuk menuangkan ide-ide scrapbooknya. Tips mudah scrapbooking biasanya sudah ada dalam panduan software tersebut.

Dengan materi tersebut di atas, digital scrapbooking dapat dengan mudah dibuat. Seperti scrapbooking tradisional, maka pada dasarnya diperlukan juga rancangan untuk latar belakang, menambahkan gambar atau foto, memasukkan desain yang cocok, menambahkan teks dan judul, dan sebagainya. Kelebihan dari digital scrapbooking adalah semuanya dapat dengan mudah diedit dan kesalahan dapat dengan mudah dihapus, berbeda dengan dengan yang tradisionil.

Dengan digital scrapbooking, dengan mudah Anda membuka lembaran kenang-kenangan yang tersimpan di file tertentu dan tidak takut cepat rusak. Digital scrapbooking sangat awet serta simple dalam menyimpan semua memorial Anda dan Anda sekeluarga.

1 comments:

jengsri8030@yahoo.com said...

Belajar photoshop ah.......,makasih infonya.
Ntar diajarin bikin scrapbooknya ya.

Post a Comment

Anda tertarik dengan Postingan di atas? Masukkan ke blog Anda dengan menuliskan Author aslinya.

Silahkan berkomentar tapi jangan SPAM ya. NO SPAM.

Template by : Kiswanto template-kis.blogspot.com