Wednesday, May 20, 2009

Belajar Scrapbooking : Mengurutkan kronologis Foto

Belajar scrapbooking bukan saja sekedar hobi yang menyenangkan namun juga termasuk pengungkapan rasa seni. Momen-momen yang terekam sebagai foto dapat menceriterakannya. Untuk memudahkan ,scrapbookker pemula dapat mengurutkannya atau mensortir foto-fotonya setahap demi setahap dahulu, seperti halnya kejadian-kejadian masa lalu dalam 1 dekade terus berlanjut sampai ke tahun berikutnya.

Jangan terjebak oleh kejadian-kejadian masa silam yang terlalu jauh jaraknya. Tentunya Anda akan kesulitan bukan? jika mensortir foto-foto yang terjadi pada tahun 1900-sampai tahun berikutnya, kemudian mengurutkannya untuk di jadikan tema.
Kecuali anda dengan penuh seksama telah memberikan tanda seperti tanggal ataupun catatan sepanjang tahun tersebut, saya kira Anda akan cenderung pusing dan putus asa untuk mengingat nama orang, mengingat tanggal, lokasi dan sebagainya, so akhirnya scrapbooknya nggak jadi deh. Belum kalau foto-foto itu nggak jelas keterangannya pasti kan Anda nggak mau pusing-pusing tuk mencari keterangan dari orang lain yang tahu akan kejadian tersebut. Syukur-syukur kalau orangnya masih ada, lah kalau udah nggak ada,…tambah berabe dah.

Memang memerlukan waktu dan kesabaran jika ingin mensortir foto apalagi kalau Anda mempunyai foto-foto buanyaknya sampai menggunung. Yakinkan diri anda dan sortirlah dengan penuh keyakinan bahwa pensortiran yang anda lakukan berdasarkan tema yang akan anda tampilkan sudah pas.

Bagi scrapbooker pemula, mungkin akan lebih bagus kalau mempunyai dua kotak penuh foto, kemudian memisahkan antara kotak satu dengan kotak lainnya, baru kemudian mensortirnya,setelah itu hasil sortiran kedua kotak tersebut digabung dan di sortir kembali sehingga yang akan dihasilkan akan lebih maksimal.

Disisi lain pada saat melakukan pensortiran seringkali anda akan tenggelam ke masa lalu, sehingga hal ini akan memudahkan anda untuk memberikan komentar dan mengurutkannya.

Perhatian : Jika anda beruntung, biasanya foto-foto kuno mempunyai catatan tersendiri,disamping tanggal dan nama-nama orang yang berada di foto kuno tersebut. Anda akan gembira sekali karena dapat membayangkan dengan imajanasi anda sendiri kejadian-kejadian di masa lampau bahkan sebelum anda belum lahir.

Bukankah menyenangkan membayangkan kakek dan nenek mempunyai kehidupan yang romantis pada masa lampau. Anda akan tersenyum sendiri tentunya. Senyum gembira membuat Anda sehat, makanya menjadi scrapbooker tuh akan sehat jasmani dan rohani. Gimana dengan Anda? Yuk belajar berscrapbooking ria biar sehat.

4 comments:

Bench Lunchia said...

Bener apa yang ANDA tulis di atas.Saya pernah mengalaminya.Eh pas bener dengan kejadian saya waktu itu.

Please sent my sweet regard to Indonesian.

Frm : Dutch.

Vian said...

We love it also.Scrapbooking.

Frida An Dan Ira said...

Foto-foto kuno bisa nggak mas?
Jadi tertarik nih baca postingan Mas.

Flash said...

It's good post guys.....However mostly scrapbookers are women...its ok

Post a Comment

Anda tertarik dengan Postingan di atas? Masukkan ke blog Anda dengan menuliskan Author aslinya.

Silahkan berkomentar tapi jangan SPAM ya. NO SPAM.

Template by : Kiswanto template-kis.blogspot.com