Monday, April 6, 2009

Apa Scrapbooking itu ?

Scrapbooking dalam bahasa Indonesianya mungkin "Kliping". Scrapbooking mulai dikenal di Indionesia melalui media internet dan berbagai media lainnya, seperti tv,majalah dan berbagai software design, seperti Adobe photoshop CSS2 maupun CSS3, Scrapbox dan lain-lain.

Scrapbooking sendiri nyaris sama tuanya dengan sejarah fotografi. Album fotografi keluarga sudah terkenal sejak Ratu Victoria dari Inggris berkuasa. Mereka yang cukup kreatif biasa menghias album foto mereka dengan berbagai guntingan dari majalah, gambar-gambar timbul, rajutan, bahkan memorabilia yang sifatnya lebih personal.

Scrapbooking yang kita kenal saat ini bermula dari Amerika Serikat, 15 tahun yang lalu. Pendirinya adalah dua orang wanita pemilik Creative Memories, sebuah bisnis penjualan yang tak disangka-sangka sukses secara internasional. Ribuan perusahaan lain yang ada di bawahnya, dibangun untuk mendukung hobi scrapbooking ini.

Pada tahun 1990-an, seni scrapbooking mulai menarik minat para pemilik home-industry. Sayangnya, materi yang masih sulit dicari membuat masih sedikit orang yang berani untuk menggelutinya. Pada musim gugur 1997, Jackie Cutcliffe membuka bisnis home-based scrapbooking-nya di Charlottetown setelah kelahiran putra pertamanya. Urusan suplai dikirim iparnya langsung dari California. Dengan dukungan dari teman-temannya -- yang juga tertarik untuk membuka bisnis serupa, Jackie memulai perusahaan konsultan dan supplier bahan-bahan pembuatan scrapbooking.

Home-industri ini sangat menarik dan sangat simple, yang terpenting bisa juga dijadikan sebagai penghasilan tambahan. Ups ngelantur....itu mah ngebahasnya ntar aja ya.....di article yang lain.

0 comments:

Post a Comment

Anda tertarik dengan Postingan di atas? Masukkan ke blog Anda dengan menuliskan Author aslinya.

Silahkan berkomentar tapi jangan SPAM ya. NO SPAM.

Template by : Kiswanto template-kis.blogspot.com